Wednesday, September 15, 2010

sibolga trip 10 -13 sept 2010

10 September 2010
Liburan Idul fitri tahun ini kami berangkat ke Sibolga, setelah planning tahun lalu mau liburan ke Sibolga batal. Terakhir perjalanan ke Sibolga saya adalah 7 tahun yang lalu waktu ikutan lomba STKD PMVBI Sumut 2003. Flash back sejenak nih... di ajang lomba tersebut saya berhasil mendapat juara 2 Lomba Cepat Tepat, Juara 3 Fashion Show contest dan awards "Peserta Favorit", tapi itu dulu... kalo sekalian murni buat jalan - jalan.. lol

Untuk perjalanan dari Medan ke Sibolga, kami harus menempuh perjalanan sekitar 11 jam. Kami berangkat dari Medan jam 6.30 pagi.. Mataku masih susah membuka untuk normal, masih ngantuk apalagi kemarin masih sibuk BBMan ama temen sampe jam 1 pagi… gubrag… bener - bener kali ini saya tidak menyiapkan fisik dengan baik... alhasil selama perjalanan di mobil, saya manfaatkan untuk tidur sejenak biar lebih seger... Berhubung masih pagi jadi jalanan tidak begitu macet. Sekitar jam 9 pagi kami sudah tiba di kota Siantar, kami singgah sekitar 1 jam di sana untuk sarapan pagi dulu... maklum dari tadi pagi belum sempat sarapan. Setelah mengisi perut, kami segera melanjutkan perjalanan.

Sepanjang perjalanan dari Siantar ke Tarutung, kami melewati berbagai pemandangan yang luar biasa bagusnya. Di sebelah kanan dan kiri ruas jalan dihiasi dengan pegunungan, perpohonan dan hamparan sawah yang membuat hati terasa sejuk. Setelah menempuh perjalanan sekitar 2 jam, kami sampai juga di kota Tarutung, di sini kami berhenti sejenak untuk berkunjung ke pemandian air panas Sipoyang sumber airnya berasal dari air belerang dari perut bumi. Jika kita melihat langsung ke sumber air panasnya sekilas seperti hamparan pegunungan salju.. keren banget...

Dari Sipoholon kami diajak oleh Teman Ci Emie untuk makan siang di warung sederhana yang menjual BPK (read: Babi Panggang Karo), menurut mereka sih enak… berhubung saya tidak terlalu suka dengan makanan ini, jadi ya gak gitu tertarik banget… setelah makan siang, kami menuju ke Salib Kasih. Salib kasih ini adalah salah objek wisata rohani terkenal di Tarutung yang dibangun untuk mengenang pendeta Ingwer Ludwig Nommensen. Misionaris Jerman ini memiliki jasa besar menyebarkan agama Kristen di Tanah Batak, sekitar 1860-an.

Setelah berhasil menaiki anak tangga menuju salib kasih, kami beristirahat sejenak di atas (capek banget….) dan tak lupa narsis sedikit… Yeahh!!! Pemandangan dari atas bukit salib kasih sangat keren dan juga sejuk sekali. Dari Salib kasih kami menuju ke desa Parbubu untuk mandi air soda.. tapi sayang banget sore itu, pemandian rame banget dan harus antri.. jadi kita batalin sesi mandi - mandi di sana dan langsung menuju ke kota Sibolga, di tengah perjalanan ke Sibolga kami berhenti di satu rumah makan sederhana untuk makan malam. Rumah makan ini yang menyediakan ikan mas dan lele goreng yang semuanya dipelihara langsung oleh pemiliknya dan juga ada lalapan daun ubi yang lezat banget... slrupppp yummyyy... .Setelah makan malam tersebut, kami melanjutkan perjalanan ke Sibolga dan jam 7.30 malam, akhirnya kami berhasil check in di hotel, waktunya bersih - bersih dan istirahat agar besok bisa fit kembali.

11 September 2010
Hari ini tujuan kami adalah ke pulau poncan. Untuk menuju ke Pulau Poncan, kami memesan tiket kapal dulu di loket yang terdapat di Hotel Wisata Indah. Setelah itu baru kami diberi nomor antrian. Jadi sesuai nomor antrian tersebut kami akan diantar ke Pulau Poncan. Berhubung nomor antrian kami adalah 12, dan saat ini mereka baru melayani nomor 8. So, saya manfaatin pemandangan bagus dan dermaga untuk berfoto ria walaupun panas terik.. tapi namanya juga di pantai pasti panas dunk.. kalo mau dingin ya di pegunungan.. hihiihihi..

Akhirnya sampai juga pada nomor antrian kami dan kami berangkat ke Poncan nih.. Hore… saya milih duduk sendirian di depan kapal boat, begitu kapal dengan kencangnya.. Semua angin langsung menerpa wajah ini dan lumayan memacu adrenalin karena saya cuma berpegangan pada besi di sisi kapal. But I like to do it... :) Sekitar 15 menit, kami tiba juga di Poncan, tapi sayang Poncan sekarang tidak seperti yang dulu, sekarang seperti kurang terawat dan banyak sampah berserakan.. sungguh di sayangkan.. padahal airnya sangat bening... huff... kami menghabiskan waktu di Poncan sampai jam 4 sore... dan ada suatu pengalaman yang sangat tidak patut dilakukan oleh pihak pengelola Poncan yaitu ketika kami hendak pulang, mereka memaksakan untuk mengangkut 30 orang dari jumlah yang seharusnya yaitu max. 20 orang, belum lagi ditambah barang - barang yang lumayan banyak. Benar - benar tidak professional dan sangat mengancam keselamatan penumpang karena overload spt ini.. akhirnya kami memilih untuk turun dari kapal dan menanti kapal selanjutnya. Sungguh disayangkan mereka tidak menghargai keselamatan pengunjungnya.

Setelah kami sampai di hotel kami istirahat terlebih dahulu karena sudah capek bener dan sambil menunggu waktu makan malam tiba. Makan malam kali ini spesial banget karena kami akan dijamu dengan hidangan BBQ dengan makanan seafood kualitas eksport.. besar - besar banget ikan dan cuminya... kemudian kami akan dijamu dengan sashimi yang dibuat langsung oleh koki kapal pesiar dari singapore.. keren banget... alhasil perut kenyang banget dan sesak.. hahhahaha....

12 September 2010
Pagi ini setelah sarapan pagi, kami langsung menuju ke sebuah Air Terjun kecil di daerah Sibolga untuk bermain. Airnya lumayan bersih dan dipakai oleh penduduk sekitar untuk mandi, minum dan mencuci karena airnya langsung berasal dari pegunungan. Dari Air terjun itu kami menuju suatu daerah puncak bukit yang melewati perkebunan sawit.. dari atas bukit tersebut kami bisa melihat pemandangan seluruh Sibolga dan pulau - pulau di sekitarnya yang sungguh menakjubkan dan gak kalah sama pemandangan di luar negeri. Seandainya pemerintah setempat dapat mengelola dengan baik dan bisa menjalin kerja sama dengan investor, maka Sibolga bisa berkembang menjadi daerah tujuan wisata dunia yang terkenal.

Setelah makan siang, kami langsung menuju ke PLTA Sibolga dan untuk mencapai ke sana kami harus melewati jalan - jalan yang berbukit - bukit dan berkelok - kelok, tetapi semua itu terbayar lunas begitu kami sampai di sana.. Karena pemandangan di sana benar - benar luar biasa. Tapi sayang daerah ini tidak terbuka oleh umum.

13 September 2010
Hari ini kami semua bangun pagi dan segera packing. Jam 7 pagi setelah sarapan, kami langsung berangkat menuju Medan. Sepanjang perjalanan lebih banyak saya pergunakan untuk tidur… abis capek bener… jalan - jalan emank selalu bikin capek tetapi itulah yang menyenangkan lol.. :P