Thursday, June 3, 2010

Travelling ke Tanjung Balai, Asahan (28-30 Mei 2010)

Ceritanya nih tanggal 28-30 Mei yang lalu long weekend karena hari jumat tanggal 28 Mei itu hari libur Waisak, kebetulan Mr. Ayao mau pulang kampung, so kita manfaatin deh kesempatan ini buat ikutan balik ke Tanjung Balai. emank dasar hasrat traveller gw gak pernah padam, sesekali boleh donk jalan - jalan yang dekat aja.

Tanggal 28 Mei 2010 jam 8 pagi, kita berangkat dari Medan n seperti biasa Ko David yang mengendarai mobil, so kita langsung melesat dan di dalam mobil sepanjang perjalanan semuanya cuap2 non stop untuk ngilangin rasa boring, karena perjalanan dari Medan ke Tanjung Balai sekitar 4 jam.. sekitar jam 11 siang kita tiba di kota Kisaran, wisata kuliner dulu di sini kita berhenti di Bakso Bacok yang cukup legendaris dan harganya masih terjangkau lar Rp. 8rb per mangkok, dan toppingnya berupa ayam goreng yang dicincang banyak banget... setelah selesai makan, kita langsung menuju ke rumah David.S di Kisaran, kita culik dia untuk ikutan gabung menuju T. Balai.

Bakso Bacok

Pukul 1 siang, kami meluncur ke T. Balai. Setelah menempuh perjalanan 1 jam lebih akhirnya kami tiba di kota T.Balai. Setibanya di sana, kami langsung menuju rumah Ayao buat istirahat sejenak dan sekalian meletakkan tas serta say hello to his mom. Setelah itu kita langsung menuju ke Vihara Tri Ratna buat sembahyang dan juga foto - foto di sekitar vihara, suasananya lumayan meriah karena hari ini Hari Tri Suci Waisak jadi ada persiapan dari muda - mudi vihara untuk kebaktian ntar malam.

Di Vihara Tri Ratna, Tanjung Balai
Selepas dari Vihara Tri Ratna, kami bertemu diperkenalkan dengan salah seorang pemilik kapal nelayan buat rencana keliling pulau besok pagi. Setelah nego sana sini, kita dibandrol Rp. 120ribu untuk perjalanan setengah hari mengelilingi pulau - pulau sekitarnya. Setelah itu, kami singgah sejenak di Vihara Dewi Samudera yang letaknya bersebelahan dengan Vihara Tri Ratna.

Di vihara Dewi Samudera, Tanjung Balai

Setelah cukup narsis di sana, kami menuju gang tugu yang merupakan salah satu tempat tongkrongan anak - anak Tanjung Balai, hasrat perut karet saya pun keluar dan mulai melahap es limun, es campur dan mie sop yang lezat... hmm.. yummy.. alhasil perutku sekarang bener - bener full. Dari sana, kita singgah dulu ke rumah Linda, sekalian silahturahmi dengan nyokapnya yang kemudian kami ajak bareng sekalian untuk dinner di rumah Ayao.

Es campur & Es Limun Gang Tugu
Kolak Gang Tugu

Sesampainya di rumah Ayao kami sudah ditunggu oleh berbagai jenis hidangan seafood hahhahaha... tapi sayang banget perut saya super kenyang, tapi tetap harus dibuka lagi satu kantong lambung cadangan hihihihi... kami disuguhi kerang bakar, kepiting saus tauco, ikan bakar dan tumisan labu siam yang lezat...

Kepiting Saus Tauco

Kerang Bakar

After dinner time, kita kembali ke Vihara Tri Ratna untuk mengikuti prosesi lilin Peringatan Hari Tri Suci Waisak, prosesi dilalui dengan suasana yang cukup khimad. Sehabis itu kamipun kembali ke Rumah Ayao untuk beristirahat karena pertualangan baru akan dimulai esok hari.

Saat menghadiri prosesi upacara peringatan Hari Tri Suci Waisak di Vihara Tri Ratna

Esok harinya setelah kami terbangun oleh telepon dari Ali yang mengajak untuk sarapan bersama. Akhirnya setelah mandi, kami pun meluncur untuk menikmati Mie Pangsit Bagan yang dikenal dengan sebutan Ang Mie (Mie Merah). Mengapa disebut Mie Merah karena mie pangsit ini diberi kuah yang berwarna merah tapi rasanya lezat...

Ang Mie dan Warung Ang Mie

Selesai sarapan kami, langsung menuju ke jalan Asahan karena dari sana kami akan menaiki perahu yang membawa kami mengelilingi pulau - pulau di sekitar Tanjung Balai selama setengah hari. Salah satu tujuannya adalah Pulau Buaya. Berhubung harus mengantar bayinya imunisasi, maka Ali tidak bisa bergabung dengan kami. dan kamipun tidak bermain terlalu lama karena awan mendung dan mulai hujan rintik - rintik. Akhirnya kami berteduh sebentar di vihara Dewi Samudra.

Setelah hujan reda, kami mulai kembali wisata kuliner, di sebuah warung kecil di Jalan Asahan kami menikmati kue La La goreng dan juga siput... hmmm.. delicious... yummy n very spicy... (lebay.com) ... sampe pada nambah beberapa porsi... sungguh makan di luar kontrol, diet pada batal... hahhaahha...

Kue Lala Goreng

Siput

Selepas 'pesta' makan tadi, kami lanjut perjalanan ke sebuah taman wisata di daerah Asahan (i forgot the name) , tempatnya sebenarnya bagus banget cuman agak kurang terawat. Kami hanya berhenti sejenak di sana sekedar foto doank.. itulah susahnya kalo virus narsis sudah menginfeksi diri. lol... sehabis narsis, kami melanjutkan perjalanan ke kota Kisaran, lagi - lagi kami wisata kuliner lagi di salah satu rumah makan seafood di Jalan Sutomo yang lumayan terkenal dan rame banget.. Berhubung gw suka banget dengan yang namanya seafood jadi semua makanan di rumah makan ini cocok banget dengan lidah saya... nyamm..nyammm....

Menu makan malam kami di Rumah Makan seafood di Jalan Sutomo, Kisaran

Gak terasa liburan kali ini sudah harus selesai dan kami harus pulang ke Medan, sebelumnya kami singgah terlebih dahulu ke rumah David Sugi di Kisaran untuk memberikan bday surprise buat dia... Happy Birthday, Bro... Wishing all the best for u... May all ur wishes come true...

David Sugi's Birthday

Dalam perjalanan pulang, kami singgah ke Rumah Makan 100 untuk makan siang, areal rumah makan ini cukup luas dan tersedia tempat bermain untuk anak - anak serta suasananya cukup asri. Kami memesan makanan yang lumayan banyak... alhasil perut kami kekenyangan banget...